Gosip n Ngesip

Minggu, 23 Agustus 2009

Filosofi Pohon Kelapa

FILOSOFI

Dikenal sebagai "Pohon kehidupan", setiap bagian dari pohon Kelapa memiliki aneka manfaat bagi kehidupan manusia. Mulai dari akarnya, batang, daun kelapa (janur), pelepah, sampai dengan buahnya. Batang pohon kelapa berguna sebagai pondasi rumah alami, dan perabot. Sedangkan buahnya dapat diolah menjadi santan, kopra juga minyak kelapa. Air kelapa dapat disajikan sebagai minuman segar atau diolah menjadi gula. Sedangkan serabut dan tempurung buah kelapa dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga serta menjadi salah satu daya tarik kerajinan khas Indonesia.

Dari bentuknya, secara simbolis pohon kelapa mengandung makna Nuansa Spiritual. Pohon kelapa yang menjulang tinggi dan mengarah ke atas berbentuk seperti huruf Alif dalam bahasa arab, melambangkan tauhid, yakni menunjuk pada Yang satu, Allah sebagai wujud tunggal dari setiap aspek kehidupan.

Buah kelapa sarat akan makna. Kulit luar, air dan daging buahnya melambangkan tubuh/ jasmani manusia. Ketika diproses dan diperas maka santan sebagai hasil yang diperoleh melambangkan sari hati/pikiran/Mind manusia. Kemudian santan yang diolah lebih lanjut akan menghasilkan minyak kelapa, serupa dengan diri manusia yang memiliki roh/spirit. Namun makna yang terdalam hadir ketika santan diproses menjadi Virgin Coconut Oil, sebagai Rasa/God spot dimana terdapat energi kehidupan yang dipercaya mempunyai manfaat unggul untuk kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

3 Pengunjung Terakhir-Q