Gosip n Ngesip

Minggu, 23 Agustus 2009

Saka Wira Kartika


Satuan Karya Pramuka Wira Kartika baru berupa Satuan Karya Rintisan yang mulai dilaksanakan pada akhir tahun 2007. Pembentukannya berdasarkan Peraturan bersama Kepala Staf Angkatan Darat dengan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka nomor 182/X/2007 dan 199 tahun 2007 tanggal 28 Oktober 2007 tentang kerjasama dalam usaha pembina dan pengembangan pendidikan bela negara dan kepramukaan.

Pengoraganisasian Saka binaan TNI AD ini, tidaklah jauh berbeda dengan Satuan Karya pada umumnya. Namun Demikian Saka Wira Kartika ini memiliki Program Pendidikan yang dibentuk dalam Satuan Krida antara Lain :

  1. Krida Survival
  2. Krida Pioner
  3. Krida Mountainering
  4. Krida Navigasi Darat
  5. Krida Bintal Juang

Tiap Krida memiliki Spesifikasi materi pendidikan yang berbeda dengan krida lainnya.

Sudah barang tentu, di wilayah lainnya akan segera menyusul pembentukan Saka Wira Kartika. Generasi ini membutuhkan pendidikan dan latihan dalam upaya menghadapi tantangan ke depan, berpacu dengan kemajuan jaman dan tehnologi yang ternyata juga memiliki dampak dan pengaruh negatif yang sama cepatnya.


Apel Pramuka SAKA Wira Kartika

Apel Pramuka ”SAKA WIRA KARTIKA” yang dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2007 bertempat di Lapangan Upacara Makodam Jaya – Jakarta, bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda yang ke-79, dimana para pemuda-pemudi di persada nusantara 79 tahun yang lalu telah berikrar dan bersumpah menjadi satu bangsa, bangsa Indonesia, memiliki satu tanah air, tanah air Indonesia dan memiliki satu bahasa, bahasa Indonesia. Sumpah para pemuda itu merupakan momentum penting bagi perubahan-perubahan dan pembaharuan-pembaharuan di negeri ini, yang kemudian menghantarkan Bangsa Indonesia meraih kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945. Dalam sambutannya Kasad Jenderal TNI Djoko Santoso menjelaskan bahwa melalui kegiatan Apel Pramuka ”SAKA WIRA KARTIKA” yang dilaksanakan pagi ini sejalan dengan Revitalisasi Gerakan Pramuka yang dicanangkan Presiden Republik Indonesia, sebagai salah satu substansi dari Sumpah Pemuda ingin kita wujudkan melalui kerjasama pembinaan kepramukaan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas generasi muda, dalam menghadapi tantangan dan bahkan ancaman terhadap eksistensinya sebagai generasi penerus bangsa.

Pada kesempatan itu juga Kepala Staf Angkatan Darat menyampaikan dengan berdirinya ”Saka Wira Kartika” sebagai wadah Gerakan Pramuka TNI Angkatan Darat dan telah ditandatanganinya ”Kerjasama dalam Usaha Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan Bela Negara dan Kepramukaan” antara TNI Angkatan Darat dengan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, menandai dimulainya era baru keikutsertaan TNI Angkatan Darat dalam memajukan Gerakan Pramuka di Indonesia, sebagai salah satu wadah pembinaan generasi muda yang berbasis pada Nasionalisme, cinta tanah air dan patriotisme atau semangat pantang menyerah dan rela berkorban demi bela negara.

TNI Angkatan Darat dalam usahanya membina partisipasi masyarakat untuk memiliki kesadaran bela negara dalam rangka mengkonkritkan ”pemberdayaan wilayah pertahanan di darat” yang dilaksanakan melalui kegiatan ”Pembinaan Teritorial” pada dasarnya adalah menjalankan tugas ”konstitusional”nya. Khususnya untuk tugas membina tumbuhnya partisipasi anak-anak dan kaum muda dalam kesadaran bela negara, tugas konstitusional itu dilaksanakan dalam bentuk kerjasama pembinaan dan pengembangan pendidikan bela negara serta kepramukaan, bersama Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Selanjutnya Kepala Staf Angkatan Darat dalam sambutannya memerintahkan para Komandan Satuan di jajaran TNI Angkatan Darat, agar membantu secara aktif pembentukan dan pembangunan ”Gugus Depan” di satuannya masing-masing dan memajukannya dengan memberi bantuan moril, organisatoris, personel, materiil dan fasilitas dalam usaha pendidikan bela negara dan kepramukaan.

Lebih lanjut khusus kepada para Komandan dan Kabalak di ”satuan-satuan Teritorial”, diperintahkan agar segera menyusun dan melaksanakan kegiatan pembinaan kepramukaan serta berperan aktif dalam ”majelis pembimbing” di semua Kwartir Gerakan Pramuka sesuai tingkat jabatannya, dan mendorong para prajuritnya untuk aktif sebagai ”pembina dan instruktur” di Gugus Depan, baik di dalam maupun di luar lingkungan satuan TNI Angkatan Darat.

Pada Apel Pramuka ”Saka Wira Kartika”, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Prof. Dr. dr. H. Azrul Azwar, MPH, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan dan jajaran TNI Angkatan Darat yang bersedia bekerjasama dengan Gerakan Pramuka dalam upaya pembinaan kaum muda.

Tentara Nasional Indonesia berfungsi sebagai pengawal negara dan memiliki tugas dalam pertahanan dan keamanan negara baik mencegah maupun menanggulangi ancaman dari dalam maupun dari luar negeri. Sedangkan Gerakan Pramuka sesuai dengan Keppres Nomor 238 tahun 1961 mengemban tugas dalam membina watak dan kepribadian kaum muda menjadi kader bangsa yang tangguh. Sesuai dengan harapan Presiden pada saat mencanangkan Revitalisasi Gerakan Pramuka hendaknya dapat sebagai perekat bangsa, mengingat dewasa ini banyak kekuatan politik dan berbagai organisasi kepemudaan yang kurang mengedepankan pendidikan bela negara.

Kerjasama antara TNI Angkatan Darat dan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka ini sekaligus merupakan tindak lanjut kerjasama antara Menteri Pertahanan dengan Gerakan Pramuka khususnya dalam pendidikan bela negara. Yang lebih penting dalam kerjasama ini adalah implementasi pembinaan kaum muda sebagai putra-putri anggota tentara yang tinggal di komplek tentara dan tersebar diseluruh Indonesia, dapat ditindaklanjuti dengan pembentukan Gugus Depan (Gudep) berbasis wilayah, sesuai dengan pengembangan Gerakan Pramuka dalam pembentukan Gudep berbasis masyarakat, disamping pembinaan Gudep sekolah yang memang perlu terus dilakukan.

Melalui Gerakan Pramuka yang merupakan wadah pendidikan luar sekolah dan keluarga, banyak kegiatan yang dapat dilakukan. Perannya tidak hanya signifikan untuk mencegah terjadinya berbagai hal negatif tetapi juga sangat penting dalam membentuk kaum muda yang berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur, beriman dan bertaqwa, cerdas dan terampil serta kuat dan sehat sebagai kader penerus bangsa pada masa yang akan datang. Sebagaimana yang disampaikan pada hari pramuka yang lalu, bahwa Presiden RI selaku Ketua Mabinas Gerakan Pramuka sangat mengapresiasi dengan upaya Gerakan Pramuka selama ini yang berperanan dalam mendidik kaum muda yang positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

3 Pengunjung Terakhir-Q